Jangan Percaya Kata Orang Lain Termasuk Teman Dekat!

Hello any budies, welcome back to my blog.. Kali ini gue mau bahas tentang seputaran dunia gosip serta asumsi ( dugaan/ menduga menurut KBBI). Nah..topik ini umum, karena di era 2000 dan makin ke 2016 gosip itu diminati sama semua orang tak pandang bulu ketek . Gosip dan terjebak asumsi itu bisa melanda laki-laki atau perempuan makanya gue pengen nulis dengan gaya rada bebas aja, biar santai bacanya. Kalo pake bahasa dalem tar kelewat dalem kek sumur bacanya kudu ngukur seberapa dalem...Hahah..tentang ini topik seru nan santai tentang si Gosip dan si Asumsi...Yuk tanpa basa basi lagi langsung aja kita baca ulasan berikut ini.

Pernah gak sih loe lagi kumpul-kumpul sama temen terus mulut gatel pengen ngomongin yang aneh-aneh, dari hal penting sampe gak penting, dari cuman ngobrol sampe gosipin orang lain?


Darimana datang awal mula gosip tuh macem-macem mulai dari loe emang gak ada kerjaan, atau hobi ngomongin orang lain, atau baperan sama orang lain akhirnya suka berasumsi sendiri kemudian loe curhat sembarangan jadilah gosip, atau yang paling parah adalah emang loe gak seneng sama tuh orang(terlalu ngefans) makanya jadi timbulah gosip mulai dari atas kepala sampe ujung kaki semuanya bisa jadi bahan gosip. Dan masih banyak hal kenapa bisa timbul gosip?Hmm...


Sebisa mungkin gue menjauhi gosip sejauh gue bisa menghindar lebih baik menghindar karena gosipin orang itu lama-lama bisa bikin kuping panas dan memperkeruh suasana meski gue tahu nikmat banget ketika loe bisa bergosip ria lama-lama. Ngomongin orang yang ga ada apalagi loe bocorin semua rahasia orang itu ke orang lain. Beh.. Rasanya kek loe jadi pembawa berita gosip Golok, seolah loe menang bisa buka kartu rahasia orang lain diracik pake bumbu gosip biar makin sedap. Mantap double nikmatnya.. Gue harus akuin susah banget, menghindar dari kebiasaan gosip orang lain. Gue masih terus dan terus belajar hindarin gosip udah dari Desember 2015 kemaren sampe hari ini terus belajar jauhin gosip dan terjebak pada asumsi pikiran sendiri akibat heart feeling banget atau suka baperan. 

Kenapa mesti jauhin dua hal ini? Mulai dari gosip dan terjebak asumsi sendiri dua hal ini berbahaya,bisa juga saling berkaitan. Soal gosip inget ada hukum karma berlaku. Ketika loe suka nyinyirin orang lain, gosipin orang lain yang jelek-jelek, atau sengaja bikin gosip sendiri ada saatnya tinggal tunggu waktu loe tuai apa yang loe tabur. Loe suka gosipin orang lain yang jelek-jelek gak nutup kemungkinan loe kena gosip yang jelek nanti. Kemudian, saran gue jangan terlalu gampang berasumsi sendiri apalagi percaya kata orang lain meski dia temen loe, akhirnya karena loe percaya omongan temen loe asumsi loe udah terbentuk dari omongan orang itu.

Kali ini gue kasih contoh soal, bukan mau bilang salah siapa, bener siapa..cuman contoh soal yang mudah dan familiar di kehidupan setiap orang. Pernah gak sih loe ngalamin hal ini?

Tuti suka sama Tono, si Tuti dan Tono punya temen namanya Toni. 

satu waktu Toni iseng nanyain ke Tini "Eh Tuti, Loe suka ya sama Tono?"
 
Tuti ragu dan gengsi kalo jawab iya suka sama Tono, lagian takut malah si Toni ember mulutnya kemane-mane.

"Gak kok siapa bilang?" Tuti jawab sama Toni gitu

"Udah sih ngaku aja, gue comblangin deh..emang apa kurangnya sih Tono?" Toni bales Tuti

 "Gak akh...apaan sih loe." Tuti jawab kemudian pergi

Kemudian besoknya si Tono cerita ke Toni demikian..

"Toni, sebenernya gue suka sama si Tuti. Tapi kayanya Tuti biasa aja ke gue." Tono curhat ke Toni demikian

"Ya iyalah, orang si Tuti gak mau sama Loe." Toni bales demikian.

"Oh...jadi Tuti gak suka ya sama gue?" Tono sedih dan mulai berasumsi kalau si Tuti emang gak suka sama dia...

Nah loh kalo udah kaya gitu, makanya gue bilang jauh-jauhin gosip sama terjebak berasumsi sendiri. Padahal Tuti cuman malu aja nunjukin ke Tono kalo dia sebenernya juga ada rasa dan cuman gara-gara gensi dia takut perasaannya jadi bahan ledekan orang lain akhirnya dia bilang gak suka Tono, padahal aslinya suka..

Endingnya Tuti sama Tono kejebak saling nunggu-nungguan sampe perasaan suka itu yang tadinya mekar sampe layu...Coba aja jalan ceritanya berubah kalo Tono gak gampang percaya kata Toni, dan juga si Tuti lebih tegas gak berbelit-belit untuk jujur sama perasaannya sendiri..si Tuti sama Tono mungkin bisa bersatu kalo keduanya punya sedikit keberanian untuk jujur sama perasaan masing-masing dan konfirmasi ulang secara langsung ke orangnya tanpa perantara. 

Suka sih..tapi...malu...takut ditolak..Hadeh...SUKA tuh jujur aja kali, ditolak gak masalah jauh lebih baik ditolak daripada loe tahan perasaan itu sampe kering atau terjebak sama asumsi sendiri yang dibangun sama orang lain. Lagi loe mau apa asumsi loe di bangun dari kata orang lain yang belom pasti kebenarannya? Ibarat makanan nasi udah orang lain kunyah alus terus di lepehin kasih makan loe buat loe telen tuh hasil kunyahannya.  Euh....banget kan?Hiii...Orang dewasa bisa makan sendiri tanpa perlu dikunyahin orang lain.

Yup pelajaran hari ini tuh gue rangkum jadi 3 point :
1. Mulai tinggalin kebiasaan gosip. Gosip menyebabkan resiko mati muda! hehe...Intinya say good bye to gossip.
2. Jangan suka terjebak asumsi sendiri atau asumsi yang dibangun sama orang lain. Samperin orang yang bersakutan, ajak ngobrol dan perjelas semuanya.
3. Jangan percaya kata orang lain termasuk temen deket. belom tentu semua yang dia bicarain bener faktanya, karena kita harusnya percaya sama Tuhan, dan diri kita sendiri. Orang lain yang suka gosip tujuannya mungkin ada yang cuman seneng ngelihat orang itu jatuh terpuruk, atau memang cuman buat adu domba jadi hati-hati banget denger informasi apapun. Apalagi informasi yang sepotong-sepotong dan faktanya masih diragukan.

Gue sih yakin kalo lingkungan loe sehat, pikiran dan jiwa loe juga ikutan sehat. Maka mari sebagai orang yang berbudi luhur, beragama, dan baik hatinya kita belajar kendalikan diri kita untuk ngomongin orang lain dan terjebak asumsi sendiri. Ya susah sih, tapi demi hidup yang lebih baik mari kita giat untuk menyebarkan kebaikan demi kebaikan untuk sekitar kita ketika ngumpul bareng, bahaslah tentang kalian bukan gosipin orang yang gak ada bersama kalian. Mungkin itu bisa jadi topik pengganti saat kalian mulai gatel mau ngegosipin orang lain.
Dah..sekian hasil pertapaan gue beberapa bulan ini,
Melisa Dawson

Komentar

  1. iaaa bener banget tuhhh, jangan mudah percaya sama omongan teman

    BalasHapus
  2. saya sering mudah percaya ajaa siaallll

    BalasHapus
    Balasan
    1. halooo....Salam kenal Akri, heheh...wah ada cerita apa nih akibat dari kamu dengerin perkataan teman atau orang lain? boleh donk bagi2..maaf ya baru balas..baru buka blog lagi..

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer