Idealis atau Realistis ?

Hem... Gue tahu harusnya gue gak kesini..harusnya ngerjain skripsi.. Rasanya gue udah ga tahu lagi harus ngerasain apa ya? semuanya bercampur aduk jadi satu adonan yang entah rasanya apa.
Tapi izinkan gue untuk mampir kerumah pena ini, tempat gue nyurahin unek-unek dan pikiran gue.

Satu sisi gue seneng banget akhirnya perjalanan 4 tahun udah mau kelar ada didepan mata gue, satu sisi gue kaya masih rada takut menghadapi dunia realita after wisuda walapun ya wisuda gue masih Januari 2016. Kalo udah selesai sidang dan ada uang lebih dikit gue pengen banget kabur sejenak, seneng-seneng hilang kemana dari Jakarta. Kalo gak paling ujung-ujungnya gue mau perbaiki novel gue terus nyari penerbit biar buku novel gue bisa terbit beneran, atau gue terima tantangan dosen gue untuk bikin pameran karya bareng sohib-sohib gue yang lain.

Well, pilihan itu banyak gue sendiri bingung mau milih yang mana dulu, belom orang rumah mulai nanya mau lanjut S2 atau gak jadinya keluar negri? Hem... Gue aja belom tahu nyari dana beasiswanya dari mana?Belom kejawab pertanyaan itu muncul satu lagi pertanyaan dari Abang gue mulai nanyain lulus mau kerja apaan? bisa gak buka peluang kerja sendiri? karena kuliah gue DKV itu kan belajar juga menciptakan pasar ekonomi kreatif... ARGH..No gue belom tahu jawabannya dan makin galau, makin blur dan bertanya-tanya bener gak yak selama ini gue kuliah disini tujuan akhirnya cuman jadi tukang setting atau budak desain yang ga bisa kasih pengaruh apa-apa?

Gue mutusin ketemu satu dosen gue, yang pemikiranya selalu membuka pandangan baru lagi buat gue...Sebut saja dia Pak Bon.. Gue cerita rasa adonan dihati gue pake bahasa planet sama dia...soalnya ngobrol sama Pak Bon terlalu bijak sampe gue cuman bisa mencernanya pelan-pelan sampe paham.

Singkat cerita gue tanya "Pak, Gue kalo lanjut studi kaya belajar setahun training gitu sama master-master bidang seni oke gak sih pak? Gue mau ningkatin skill gue lagi soalnya?" (Sori bukan ga sopan sama Beliau yang sedang menempu S2 ngomong pake gue loe diluar kelas dia, kalo gue ngitil kelas dia ya ngomongnya formal)

Pak Bon : "Ya mel.. Menurut gue Loe skill gambar udah cukup, cukup banget malah sampe loe nya enek sendiri, gue saranin loe mendingan pertajam konsep, sama bermain-main dengan media baru mel. Kita anak DG dituntut harus bisa bersaing, berkreasi, dan INGET namanya FUNGSI. Kalo mau lari jangan kedesain tapi lari ke seni murni kontemporer kayanya loe cocok disana."

Me : " Iya pak, gue sendiri bingung after lulus mau ngapain yak? Gue bosenan orangnya pak, ga bisa disuruh diem doang dibelakang. Gue butuh banyak ngobrol dan tuker-tuker pikiran..Ketemu orang dan jadinya gue lebih tertantang banget."

Pak Bon : " Lah udah ngelamar-lamar kerja belom?"

Me : "Belom Pak, antara masih bingung mau selesai sidang gue pengen jalan-jalan dulu kali ya.ngerefesh otak gue dan jiwa gue. Tapi keluarga gue udah pada nanyain mau lanjut S2 apa kagak?"

Pak Bon : "Bagus lah itu mel, biar loe juga ga mentingin materi banget, kadang kita juga butuh rehat bentar, kalo masih ada biaya lanjut s2 ya lanjut aja mel. Jatoh-jatohnya kayanya loe jadi freelancer kerjaannya ketemu klien, hadap-hadapan langsung sama klien dan dapat job."

Ngobrol-ngobrol sama beliau adalah senior gue nimbrung. Satu kalimat sadis dari percakapan hari ini adalah "Idealis boleh, tapi harus realistis. Idealis itu kata paling menyakitkan pedang bermata dua, kadang kita harus rela kelaparan sampe idealis itu jadi kenyataan dan akhirnya bisa kasih kita makan. Itu hidup dalam idealis. Maka kalo mau hidup tabrak sisi nilai Fungsi, gunain gambar buat menghidupkan fungsi." 

Mungkin orang-orang akan anggap gue aneh, aneh bin ajaib. Ngapain cape-cape kuliah akhirnya kerja jadi freelancer? apalagi goal gue cuman mau jadi ibu rumah tangga yang kerja dirumah. Bokap gue sampe sekarang masih suka bingung bilang gue buang-buang uang kuliah kaya gini. Ada kuliah yang pasti ngejanjiin uang kaya akutansi atau komputer kenapa gak ngambil gituan? Gue bukan dari keluarga tajir melintir, tapi gue asli nekad dan ga mau hidup tuh berjalan normal-normal mulu. Bagian terbaik gue yang gak normal adalah masuk kuliah jurusan desain yang gue ga bisa janjiin apa-apa bahkan kepastian kerja di kantor benar-benar besar ke nyokap bokap gue. Tapi gue cuman inget gue akan kuliah sebaik-baiknya, selama 4 tahun yang duitnya entah gue kumpulin dari mana yang gue percaya ketika usaha kerja Tuhan selalu kasih pas untuk bayar uang kuliah tepat waktu, walau kadang mesti nyicil tapi bener-bener Tuhan gak tutup mata ketika kita mau usaha.
Gue belom mau matokin langsung satu gue selama-lamanya mau jadi desainer aja yang gambar dikertas, gue mulai mau ikutin kata dosen gue merambah kearah fungsi. Ujung-ujungnya gue harus paham material, paham produk daily esensial, dan mulai karya gue diterapi kesana. Serta nambah link kerja sama, seriusan ini bagian paling menantang buat gue nambah link dan kerja sama dengan orang-orang kreatif lain. Harus siap ditolak, diledekin, menahan lapar, demi hidup yang antimaintream ini tapi gue percaya tidak ada yang sia-sia jika kita serius jalaninnya..

Akhirnya gue mulai sadar bahwa ya kita ga bisa terlalu bener-bener 100 % idealis, kadang idealis butuh sisi realistis meski mereka suka berbenturan. 

Dari gue yang sedang berusaha meluluskan diri jadi Sarjana Desain Katanya,

Melisa Dawson

Komentar

Postingan Populer