Mel, Where are you ? | Pamit Duluan dari Path

Hai-hai I'm back, kembali ke rumah ini yang sudah hening sekali gak ada suaranya. Heheh... Oke hari gue mau bahas tentang "Mel, Where are you?" Kalau ada yang sadar heheh..ane sebenernya ngilang dari dunia perPATHan secara mendadak. Ada sih beberapa orang yang ngeh kok tiba-tiba ane hilang gak pernah update path lagi udah setengah bulan lebih. Yes..Seperti yang bisa teman-teman tebak akun Melisa Dawson hampir 3 tahun aktif akhirnya sudah tidak aktif di Path dan sudah di uninstal juga apps nya. Semua terjadi secara mendadak dan cepat sekali dalam pemikiran sesingkat-singkatnya tapi juga sadar gue melakukan hal nekat tersebut. 1 Mei 2016 titik balik cukup nekat gue memutuskan gak main Path sama sekali, Berikut gue paparkan panjang lebar alasan gue stop main Path.

Lingkaran Setan
Path ibarat lingkaran setan buat gue berapa banyak gue pake Path buat hal yang sia-sia gak guna. Dikit-dikit update lagi dimana, sama siapa dan sometimes kadang malahan gue pake Path buat complaining about life, compare my life with other, feel so far away with my friends, sometimes i think Path isinya bener-bener cuman jadi ajang pamer gak jelas, ajang kalau dapet love atau emoticon banyak you look so famous with your friends, beneran yang like postingan kamu itu bener-bener suka sama hidup kita dalam dunia nyata? atau cuman ngemis like dari mereka terus kamu like balik? Pasti kalian pernah ngalamin salah satu dari yang gue sebutin di atas. Hahah..Toss dah.. Intinya banyakan gak gunanya.

Harusnya tidak kenal #LatePost
Bicara soal Path, seinget gue Path tidak mengenal #latepost, terlihat tuntutannya apa yang kamu lihat, dengar, dan dimana sebaik mungkin diupdate pada saat kejadian itu berlangsung, ya iyalah Path diciptakan untuk share moment bahkan seinget gue buat temen-temen deket loe, kalau loe #latepost rasanya aneh-aneh gimana gitu, emangnya Instagram. Nah kebayang gak sih malah Path awal tercipta untuk apa dan ngapain juga sekarang kita lihat pegeserannya seperti media sosial lain juga bisa nerima pertemanan yang jelas bukan temen kita kenal aja kagak, sebagian terima-terima aja buat nambahin spam like atau gilanya Path dijadiin ajang jualan ol-shop sampe gue delcon yang pake Path cuman isinya buat jualan atau nawarin MLM atau Asuransi. Hak loe sih mau pake media sosial gimana, tapi ya di pilah pilih aja apa yang mau di posting, sampe ada yang bikin pembelaan Path emang tercipta untuk ajang pamer kalau gak seneng main gundu aja sana. Hahah...ya well terserah deh intinya gue merasa sementara waktu ini rehat lama banget deh nyentuh Path. 

Pamit Duluan dari Path
Balik lagi ini cuman pemikiran gue dan gue merasa Path tidak membawa banyak hal positif buat hidup gue, dan gue bukan lari untuk menghindari kenyataan. Jelas tidak, gue lebih kerasa terlalu banyak posting-posting membuat gue gak bisa nikmatin moment real, menjauhkan banyak sekali hal yang sebenarnya dekat sama kita. Loe orang paling kasihan kalau harus ikut update terus kapan, dimana dan sama siapa bukan karena gue jomblo tapi seriusan gue merasa gak ada lagi sisi privasi hidup gue ketika terlalu banyak update di medsos ini itu . Sekarang, gunanya apa coba kalau gue pun seandainya udah punya pacar tapi update terus lagi dimana, foto berdua sama doi banyak banget dari yang biasa aja sampe kissing or mesra-mesraan? Apa itu benar jadi hubungan pacaran atau pertemanan yang bukan klise seperti di medsos? Apa bener ketika kita sama siapa kita jelas kenal orang itu, kita jelas menikmati semua waktu kita sama orang tersebut? Atau kita setiap ketemu sibuk foto, sibuk update, cuman ketawa-ketawa gak jelas. Apa kehidupan privasi kita layak jadi pembicangan dunia maya? Saya termasuk orang yang doyan selfi, doyan mengabadikan moment bersama orang terkasih. Tapi semakin dewasa saya makin sadar apa yang di foto gak mesti diupdate hari itu juga dan saat itu juga, maka saya masih gemar main Instagram yang mengenal #Latepost. Hahah...  itupun gue benar-benar membatasi apa yang diposting dalam IG hanya boleh sehari satu kali dan media Line atau FB atau Twitter juga digunakan untuk update seperlunya saja hanya sesekali update

Gue memilih keluar dari Path sekali lagi karena sadar tidak perlu update setiap saat, gak perlu share semua moment cukup merasa bahagia saat moment itu entah sendiri atau bersama jelas benar-benar investasikan waktu bersama manusia bukan sama gadget, gue juga memilih jam istirahat untuk update moment sebentar saja jadi tidak menganggu quality time ketika bertemu orang-orang, pasti sebagian berpikir ada yang setuju dan gak setuju kemudian bilang sebaiknya tetap ada akunnya tapi gak usah update apa-apa. Saya rasa sih itu kurang gereget dan satu waktu gak menutup kemungkinan untuk balik lagi saya kena candu harus kudu update terus setiap kali balik main Path. Beda orang beda cara selesain ya, satu lagi yang bikin gue stop main Path selain terlalu personal semua orang termasuk temen deket loe jadi tahu apa masalah loe tapi tahunya cuman setengah-setengah karena terbatasnya ifnormasi, selain itu juga gue melihat karena terbatasnya pertemanan di path jadinya untuk menjangkau orang lain, menginspirasi lebih banyak orang pasti susah, makanya gue heran ada beberapa kampus bikin PATH isinya untuk marketingin kampus gunanya apa coba?? Path tercipta hanya untuk share moment dengan teman dekat, sedangkan ane bermain Instagram itu masih bisa menjangkau lebih banyak orang dan tidak menutup kemungkinan banyak artis dan akun endorse muncul dari Instagram. Oleh sebab itulah alasan gue benar-benar lebih mau fokus menggunakan sedikit media sosial saja, supaya saya lebih fokus dan tidak menggunakan media sosial untuk ajang eksis atau hal negatif yang gak berguna sama sekali. Kalau anda pencinta garis keras Path silahkan saja, ane cuman menulis alasan kemana ane? Ane gak kemana-mana gan cuman pamit selamanya dari Path, karena semua fiturnya mendukung banget untuk update banyak kegiatan kita dari bangun tidur sampe tidur lagi..hahah...Ane kan jadi gak bisa terus-terusan mantengin Path, kalau update mulu ya magabut dunk ane di kantor. 

Orang paling kasian serta kesepian adalah orang yang sering update tapi justru orang sukses serta bahagia adalah mereka yang sibuk dalam dunia real dan menghargai setiap moment kebersamaan yang ada tanpa perlu selalu semua dunia maya tahu dia lagi ngapain sama siapa dan sedang dengerin lagu apa, orang itu juga bisa menerima keberadaan dirinya tanpa perlu membandingkan hidup kita dengan yang lain. Saran terakhir gunain medsos yang perlu-perlu aja, dan bisa menghasilkan sesuatu buat loe bukan cuman untuk ajang eksis aje. Hahaha...Artikel tambahan bisa di baca dan jadi bahan renungan nih... 





Komentar

Postingan Populer