Katanya Kenapa Aku Harus Berubah ? | Inilah Kenapa Aku Harus Berubah....

Helilooo.... Guys kembali lagi ke rumah Intuisi dan tetep sama Melisa, any way sorry banget belakangan gue agak jarang nulis di sini. Karena gue baru kerja udah Satu bulan lebih sehari. Tanggal 16 April ini satu bulanan Yeiiii...Sekarang ane gawe gitu di kantor website creasi.co.id jadi gue masih sesuain jam tidur malem sama jam bangun pagi gue... I'm really enjoy tiap hari bisa kerja dan kapan gue akan ulas lebih detil soal gimana gue join di perusahaan ini, plus foto-fotonya tapi nanti dulu deh ya karena gue masih ketik artikel dan siapin konten visualnya lagi masih gue siapin biar temen-temen intuisi yang baca lebih berasa gereget.

Malam ini gue kumat lagi gak bisa tidur, dan mungkin di antara temen-temen juga ada yang susah tidur.. hahah.. ya udah baca tulisan gue ajalah ya. Gue pas lagi baca-baca instagram Nilam Sari alias Nilam Babarafi, ane pernah ketemu pas dia sharing soal kehidupan dia dan tentunya bisnis Kebab Babarafinya yang sudah besar banget. Nah gue kegelitik pas ada postingan dia yang bentuknya kaya renungan, nah renungan singkat itu nabok gue banget secara gak langsung.




Setelah gue baca dan renungin caption itu gue mulai mikir. Kenapa dalam diri gue ada banyak hal yang berubah? Kenapa saya berubah dan sahabat lama saya menjadi asing di mata saya? Siapa dan apa yang salah? yup rentetan kalimat itu muter di kepala gue belakangan ini. Akhirnya, sedikit terjawab ketika gue baca berkali-kali dan renungin tentang itu. Guys, pernah gak sih Loe tiba-tiba berasa asing sama temen atau sahabat lama loe? pernah gak sih loe merasa kenapa tiba-tiba sekitar loe berubah jadi yang gak mereka kenal sebelumnya? Gue alamin semua ini guys. Beberapa orang yang lama sekali kenal saya bilang saya cukup drastis banyak berubah. Ada yang berubah ke arah yang lebih baik dan ada bagian yang masih parah sama seperti dulu. Sebenernya ya dari menurut pikiran gue pribadi berubah itu adalah proses, kita gak pernah bisa berhentiin diri kita selamanya di stage tertentu, mesti terus berkembang dan berubah apabila di perlukan. Berubah bukan berarti loe gak ada kepribadian sama sekali. Tapi berubah karena loe merasa perubahan itu penting dan perlu.

Dulu gue punya kebiasaan buruk, gue males banget beresin kamar gue and kalian pasti bisa tebak gimana hancur leburnya kamar gue. Yup, kamar gue ancur lebur, berdebu, barang berserakan di lantai sampe mau jalan aja susah, Banyak kecoa mati atau serangga gak jelas ada di kamar. Sayang gue gak ada fotonya waktu kamar gue masih berdebu dan sangat menjijikan. Gue sadar sekarang sejak gue lulus kuliah sampe dapet kerjaan sekarang banyak hal yang harus gue ubah. Hal kecil yang bisa gue lakuin adalah tahun 2016 ini gue mulai belajar beresin rutin untuk beresin kamar tidur, dari cuman dulu banget gue biasanya 1 tahun sekali gue beresin kamar, gue mulai coba 6 bulan sekali, 3 bulan sekali dan tahun ini berusaha 1-2 bulan sekali. Baru kemaren gue paksain banget 3 minggu sekali untuk beresin kamar dan semoga bisa tiap satu minggu sekali berberes kamar.

Pointnya : Kenapa sih gue harus berubah rajin bersihin kamar? Well, my mom said "Katanya kamu mau kuliah di luar lepas dari papa sama mama, gimana papa sama mama bisa yakin kamu bisa urusin diri kamu sedangkan kamu aja gak bisa urusin kamar kamu sendiri?" kalimat itu nabok banget makanya gue mulai dari beresin kamar itu tanggung jawab gue, gue belajar setrika baju lagi dan merapihkan semua pakaian gue yang tertumpuk tidak rapi di lemari. Ya, gue harus berubah untuk masa depan gue sendiri apalagai kalau gue mau hidup lepas dari orang tua ya gue mesti bisa bassic nyuci, setrika, bersih-bersih ruangan dan belajar masak walapun masih susah banget belajar masak ane cuman bisa masak nasi goreng, telur dadar, dan indomie tapi gue yakin gue pasti bisa kok pelan-pelan. STOP teriak-teriak gue mau hidup bebas dari orang tua!!! hei Little Girl, kalau kamu sendiri gak bisa ngerjain tanggung jawab kamu sendiri mending pikir ribuan kali sebelom loe cuman keluar rumah modal nekad dan hasrat muda sesaat (baca : sesat).

Nah bicara soal kamar, sekarang soal berubah soal penampilan secara Melisa yang dulu sama yang sekarang? Cukup membuat kaget sih perubahan gue yang dari tomboy menjadi lebih semi formal dan cenderung suka pake dress. Well, ini ceritanya panjang dan bukan cuman soal fashion tapi soal make-up. Sorry to say buat yang pada penasaran kenapa sih gue banyak berubah dan kesannya mungkin yang kenal gue kaya merasa kok Melisa berubah banget ya? Lebih tua, lebih rapi, terlalu formal, terlalu tante-tante atau apalah gue sih ya terima aja kalian mau ngomongin apa cuman gue gak gitu musingin karena yang harus kalian catatat adalah "Gue make fashion yang gue suka, gue nyaman dan gue make-up bukan supaya dipuji kalian. So gue nanemin kalo gue lakuin perubahan penampilan karena gue sadar gue butuh tampil lebih rapi, wangi, bersih supaya gue nyaman dan percaya diri ketika ketemu sama siapa aja dan gue menghargai setiap orang yang gue temui dengan berpenamilan baik termasuk loe pada yang nyinyirin gue. Gituloh mas mbak eeee.."

Pakaian gue emang gak bermerek yang terkenal, cuman gue belajar rapiin satu-satu dan belajar mix and match dari semua fashion yang ada di lemari gue. Oh iya soal make-up gue sejujurnya juga awalnya kurang pede sama muka gue yang penuh jerawat dan bekas-bekasnya akhirnya gue berusaha nutup-nutupin muka gue pake make-up berlebihan jadi mungkin terlihat aneh dan terlalu tua. Akhirnya baru juga tahun ini, 1 bulanan ini untuk gak mau pake make-up yang biasa gue pake kaya BB cream, bedak tebel, eyeliner, eye shadow, maskara,dll. kecuali acara penting banget kaya nikahan orang, nah sebagai gantinya apa? gue belajar ngerawat kulit gue biar sehat dan jauh lebih baik muka gue gak pake alat-alat make-up yang berat, pastinya ada harga yang harus dibayar lebih besar tapi ya sebanding gue sekarang pede-pede aja ketemu sama orang gak pake make-up tebel kenapa? karena muka gue udah bersihan tanpa perlu banyak di poles sana sini berlebih, lagian baiknya memberikan kulit istirahat untuk lepas dari make-up.

Gimana cara perawatannya Mel? Nih ane kasih tips deh semoga cocok juga buat anda para wanita yang bermasalah sama muka, tapi gak semua produk cocok sama muka orang yang beda-beda. Gue dapet tips ini banyak belajar dari koko gue yang lebih bisa ngerawat diri ketimbang gue.Haha.. Dulu dia juga punya masalah muka yang sama. Masalahnya muka itu ya gak jauh-jauh dari jerawatan serta muka berminyak. Sekarang mah bersih banget mukanya. Koko gue itu bantuin gue untuk jadi wanita yang lebih baik ngerawat dirinya dan karena kita kakak adik untungnya apa yang dia pake masih cocok sama muka gue.

Pertama nih kita perlu Minum air yang cukup, cuci muka setiap abis aktifitas gue sih pake sabun merek Gen Java ini sabun luar biasa bikin muka loe yang minyakan jadi kering abis. Nah kalo kulit kering juga gak bagus makanya butuh pelembab gue pake dua produk sih yang bikin muka gue lebih lembab pake SK II sama AC Dew... Produk itu bisa di dapetin lewat web MY LOVELY SISTER.
Terus jaga kebersihan muka dengan cara jangan pegang-pegang muka kalau tangan lagi kotor, ganti sarung bantal pokoknya kalo jerawatan parah jaga kebersihan bantal tidur sama kasurnya. Tidur cukup dan kalo bisa pas bangun pagi buat gerak-gerak dikit. Hasilnya jerawatan di muka gue gak tumbuh keroyokan kaya dulu, paling tumbuh cuman satu atau dua aja kalo lagi masa-masa mau dapet tamu bulanan atau lagi stress banget.

Tips terakhir
, setelah semua loe lakuin loe cuman butuh kaca kemudian senyum. yap SENYUM itu make-up paling natural buat wanita. Senyum dan cintain diri loe sendiri bukan berarti cintain diri loe sendiri malah jadi egois, tapi cintai diri loe sendiri dengan menghargai keutuhan diri loe. Semisal, loe jomblo gak ada pacar gak usah sedih, caperan atau baperan atau masih susah move on ya santai aja. Toh loe tetep utuh sebagai manusia kok, loe tetep bisa bahagia bukan karena ada atau gak ada pasangan hidup tapi karena loe bisa memaksimalkan hidup loe, loe bisa bahagia sama yang loe punya. Itu pointnya, orang bisa ngerawat diri adalah tanda dia udah bisa belajar mencintai dirinya.

Nih Foto-foto gue dulu sama yang sekarang biar loe bisa lihat bedanya apa ? Foto ini gue ambil cuman sebagian dari facebook gue dulu.

Aku yang dulu....Bukanlah yang sekarang...



Dulu muka ane masih ancur lebur gak pede banyak jerawat dan bekasnya parah banget kalau di foto pake kamera bagus pasti kelihatan, rambut urak-urakan, ane juga sedih gan kalau ada cowo bilang "kok muka loe kaya Bulan.."


Ane juga sempet gaya gini, sama Artupida yang punya Carrot Academy di kampus. Gaya gue bisa dibilang parah banget, kemeja kekecilan, lemak paha kemana-mana, rambut berantakan ga jelas dan sepatunya gak banget. Gak salah sih karena kampus loe mau pake apa aja juga bebas bahkan pake piayama tidur kalo berani mungkin ada beberapa kampus bolehin, tapi ada satu titik gue sadar ketika di tegur sama salah satu petinggi soal gaya pakaian gue yang kurang baiklah, kebetulan beliau deket sama gue  akhirnya moment itu membawa gue untuk berubah soal tata cara berpakaian. Anyway di sini muka gue sebenernya masih jerawatan tapi ketutupan sama kamera hape dan gue make-up di sini. ^^

Akhirnya gue mutusin berubah, kalo loe lihat ini penampilan gue saat kuliah ada sih foto-foto waktu SMP dan SMA cuman gak bisa jadi perbandingan jelas karena memang rentang usainya terlalu jauh dan ya asli gue tomboy dan style fashion gue mostly laki banget pada masa itu. Coba cek ke temen-temen deket gue aja atau yang memang sering ketemu gue pada masa SD,SMP, SMA, Kuliah sampe sekarang itu pasti mereka bisa mengerutkan jidat kok gue banyak berubah. Gue mutusin berubah secara perawatan muka sama cara gue berpakaian kemana aja gue pergi harus rapi, sopan, nyaman menurut standar gue ya iyalah kan gue udah bilang apapun yang gue pakai gue mesti punya standar sendiri yang bener dan bisa di terima secara umum.



Masih make-upan cuman udah mulai rapi dan tahu tempat, gue masih kurang pede nunjukin muka asli gue karena gue masih banyak bekas jerawat. Yang kiri gue di gereja Methodist. Oh iya gue ke gereja memang selalu rapi sejak gue Kuliah tingkat pertengahan. Tapi hanya saat di gereja, kemudian yang kanan itu gue MC buat acara alumni sama temen dan gue berusaha tampil rapi saat ke kampus.

 

Foto gue yang paling baru tanpa make-up dan tanpa filter photo berlebihan cuman bantuan cahaya, gue udah mulai berani kemana-mana polos aja setelah perawatan muka. Ini karena lagi di pantai dan ketemuan sama temen lama ya gue santai aja. Intinya gue sesuain aja gue mau make baju apa untuk acara apa.



Terakhir ini ane foto di kamar ane sekitar sebulanan lebih kayanya, kamar ane ada tempelan-tempelan biar lebih hidup suasana kamarnya. Kayanya ini pulang gereja dan ane masih sempet pake make-up pas sebelom kegereja.

Nah itu baru yang kelihatan aja, soal yang gak kelihatan misalnya dulu gue gampang banget kepancing buat marah-marah sama terutama sama keluarga gue, gue males ngobrol sama keluarga gue dan berasa gak pernah ada yang ngertiin gue dulu, gue netingan, suka emosi labil, suka nangis gak jelas. ya sekarang gue belajar ngatur emosi gue, mood gue dan pikiran gue. Belajar lebih mau nurunin egois ke orang sekitar terdekat gue, belajar ngertiin mereka bukan lagi jadi orang yang gue emang begini (hal-hal negatif yang di atas gue sebutin) dan loe harus terima dan ikutin maunya gue. Gue berubah lebih mau ngobrol tuker kabar, mulai belajar berani cerita soal kehidupan dan pikiran gue, gue belajar dengerin juga apa masukan dan pandangan mereka sehingga ya akhirnya gue yang awalnya banyak salah paham sama keluarga gue akhirnya gue belajar membawa surga dalam rumah yang gue sebut keluarga. Keluarga gue juga gak sempurna, tapi ya itu kita bisa berubah dan harus berubah jadi lebih baik untuk hidup yang lebih baik. Semua agama juga ajarin kebaikan maka kita yang beragama ya harusnya tiap hari itu hidupnya bertumbuh dan mengalami perubahan yang lebih baik. Justru kalau hidup gak ada perubahan ya boleh di cek kehidupannya bener gak udah maksimalin hidup yang Tuhan titipin ke kita? 




Gue bukan mau promosiin diri gue di sini, gue akuin gue juga banyak kekurangan yang lain yang gue gak bisa ceritain semuanya di sini tapi daripada gue pake contoh orang lain malah gue jatuhnya gossipin orang mendangan gue pake contoh yang real buat contoh. Kenapa gue berani share ini biar gue selalu coba inget kenapa gue mesti jadi hidup gue yang lama kalau hidup gue sama Tuhan sekarang banyak kok yang pelan-pelan di ubahkan. Jadi buat kita yang selalu merasa gue gak akan pernah bisa berubah STOP IT.Gue bener-bener suka sakit kuping kalau dengerin labeling dari orang-orang "Loe gak bakal bisa berubah.", "Tukang nyolong selamanya akan tetep nyolong.". "Tukang ngaret, mana bisa loe bangun pagi? Tidur kaya kebo.", "Dia mah emang gitu, suka ngambekan biarin aja tar juga baikan selamanya anaknya batu.", Dll. Heloo..Situ memangnya siapa bisa mensugesti orang tidak akan bisa berubah? Gue ngerti sih kadang labeling itu cuman buat sindiran alus atau kasar, tapi sadar gak sih kata-kata itu membuat kata MAKLUM agar dia gak usah berubah karena sudah begitu adanya. 

Coba ubah kalimatnya "Aku berubah dan mau berkembang lebih baik.", "Iya ya aku memang pelupa tapi aku butuh berubah supaya gak jadi pelupa.", "Iya ya aku tukang ngaret ya masa sampe udah kerja aku masih ngaret? Aku mesti berubah.". "Iya ya aku emosian sama keluargaku, padahal gak ada keluarga aku mana ada di dunia ini? Aku coba deh lebih sabar." bukannya kalimat ini juga lebih memotivasi kita untuk berubah dari pada langsung memakluminya.

So, jangan takut di cap "Kok hidup loe berubah jadi gak asik kaya dulu?" kalau memang berubah ke arah lebih baik, dan kita bisa bawa berkat buat orang lain kenapa harus stop berubah? takutlah kalau gak ada perubahan dalam hidup kita. Anak Tuhan yang dekat sama Tuhan pasti hidupnya tidak lagi sama, tidak cuman stop berhenti sampai kenal Tuhan cuman karena mau masuk surga tapi manusia itu yang sudah terima Yesus pasti hidupnya terus dan terus dibaharui. Selamat berubah menjadi lebih baik. Kalau gue bisa milih ya gue gak mau balik lagi jadi Melisa yang males beresin kamar, males ngobrol sama keluarga, males rawat diri, masih urak-urakan, masih gampang banget baperan atau caperan cuman biar dapet kasih sayang semu dari laki-laki gak jelas. Gue sadar itu kelakuan gue yang kurang bisa membuat hidup gue menyenangkan hati Tuhan.



Gue tahu dalam hidup gue ini masih banyak kelemah tapi gue ingin terus berubah jadi lebih baik, memiliki hati yang penuh kasih, berpikiran positif, terbuka dan luas, menikmati Tuhan bekerja dalam setiap perubahan untuk hidup yang lebih baik.

Salam hangat dari aku yang masih terus berjuang berubah lebih baik,




Komentar

Postingan Populer